10 Jenis Karpet Terbaru Masa Kini

karpetdunia.com – 10 Jenis Karpet Terbaru Masa Kini – Jika anda berencana melapisi lantai rumah dengan karpet. Kenali dulu beberapa bahan sebagai pertimbangan sehingga tidak salah memilih jenis karpet yang akan digunakan.

Pertama-tama anda harus tahu terlebih dahulu jenis karpet berdasarkan konstruksi dan bentuknya. Karena hal tersebut akan memandu anda untuk membuat pilihan yang tepat dalam gaya hidup anda.

1. Karpet Twist Pile
Dibuat dari jalinan serat, empuk saat diinjak oleh kaki, mampu menyembunyikan bekas telapak kaki, penyedok debu dan jejak pembersih. Ideal untuk diletakkan di ruangan dengan frekuensi aktivitas yang tinggi. Cocok untuk diletakkan di ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, lorong dan tangga.

Baca juga : Ukuran Karpet yang Cocok Berdasarkan Penempatannya

2. Karpet Loop Pile
Dibuat dari wool, nilon, prolipropilin atau gabungan dari ketiga bahan tersebut. Mampu menyembunyikan bekas tepak kaki. Ideal untuk tempat sibuk di dalam rumah. Kuku hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat menyangkut pada karpet jenis ini, jadi para pemilik hewan peliharaan sebaiknya berhati-hati. Cocok untuk diletakkan di ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, lorong dan tangga.

3. Karpet Saxony
Terbuat dari benang rajutan. Teksturnya yang berpilin membuatnya terlihat elegan. Teksturnya yang panjang membuatnya amat nyaman ketika diinjak. Dapat dengan mudah diratakan dan tidak menyembunyikan bekas telapak kaki. Cocok diletakkan di ruang keluarga, ruang makan dan kamar tidur.
Ini adalah karpet terlembut dari semua karpet. Ketebalan yang lebat yang membuai kaki anda hidup dalam kenyamanan. Setiap benangnya memiliki sentuhan seragam, membuatnya menjadi solusi sempurna untuk kamar tidur utama dan ruang makan. Karpet jenis ini memberikan nuansa elegan dan tradisional.

4. Karpet Berber
Berber adalah karpet jenis loop-pile yang terbuat dari bahan benang rajutan. Materialnya yang berat cocok untuk dipasang pada lokasi yang jarang dibongkar pasang. Bagus untuk menggunakannya dalam ukuran yang luas. Cocok diletakkan di ruang keluarga, ruang makan dan kamar tidur.

5. Karpet Woven
Diyakini oleh sebagian orang sebagai karpet dengan bahan dan tampilan terbaik. Biasanya memiliki kualitas tinggi. Terdapat dua jenis: Axminster dan Woven. Biasanya harganya mahal karena materialnya termasuk bahan langka. Cocok untuk diletakkan disemua ruangan rumah.

6. Karpet Plush
Pada karpet jenis ini, semua serat dipotong pada ketinggian yang sama. Jenis karpet ini lebih disukai untuk rumah tangga yang sibuk dan cocok untuk ruangan yang menuntut permukaan halus.

7. Karpet Texture
Ini adalah karpet yang paling serbaguna. Karpet ini mempunyai kelembutan yang akan melengkapi setiap bidang rumah. Karpet ini bagus dalam menyembunyikan noda kaki dan jejak vakum.

8. Karpet Frieze
Karpet ini memberikan kenyamanan kasual karena seratnya yang ringan. Karpet ini memberikan kelembutan karena tidak kaku. Ini adalah karpet yang tahan lama, yang menciptakan permukaan bertekstur dengan penampilan kental. Karpet jenis ini biasanya dipakai untuk lorong-lorong dan kamar anak-anak.

9. Karpet Polypropylene
Untuk Anda yang memiliki budget terbatas karpet lantai berbahan polypropylene cocok untuk anda gunakan. Karpet lantai polypropylene terbuat dari bahan sintetis dengan tekstur yang halus. Karpet polypropylene juga dapat dibersihkan dengan air. Sayangnya benang pada karpet polypropylene mudah lepas, warna mudah pudar, dan lebih tipis dibandingkan dengan jenis karpet lainnya.

10. Karpet Nilon
Dengan menggunakan karpet lantai nilon akan lebih menghemat biaya baik dalam pembelian maupun perawatan. Karpet lantai nilon sangat mudah dalam perawatan dan mudah di ganti per bagian apabila ada kerusakan. Karpet lantai nilon banyak digunakan untuk perkantoran karena biaya yang murah dan perawatan yang mudah, apabila berpindah lokasi karpet nilon juga mudah dipindahkan. Bahan nilon sendiri terbuat dari plastik sehingga bisa dicuci dengan air.