Tips Membersihkan Karpet Mobil

Karpetdunia.com –┬áMeski lokasi karpet mobil cukup tersembunyi di bawah jok, pembersihan di area ini harus dijaga agar penumpang merasa nyaman saat menggunakan mobil. Bro perlu tahu apakah membersihkan karpet mobil bisa menjadi aspek yang perlu dipertimbangkan saat menentukan kisaran harga mobil. Jadi mari kita lihat tips dan cara membersihkan karpet mobil pada kesempatan pertemuan ini. Di sini, karpetdunia akan memberikan beberapa kiat luar biasa tentang cara membersihkan karpet mobil, yang tentunya akan membuat mobil Anda lebih nyaman.

Sebelum mengetahui cara membersihkan karpet mobil tentunya anda tahu jika karpet mobil yang sering dijumpai biasanya memiliki bahan dasar yang terbuat dari karet yang elastis. Tetapi selain itu bro juga dapat menemukan karpet di bagian sis-sisinya ditambahkan lis dari kain. Namun ada juga karpet yang semua sisinya terselubung dengan kain dan bahan yang berbulu halus. Tentunya perbedaan bahan dasar material tersebut berpengaruh pada cara membersihkan karpet mobil. Fungsi karpet mobil sendiri cukup penting Bro karena memang dirancang untuk menyerap udara lembab, debu, air, tetesan air hujan, AC yang bocor serta menjaga agar kabin mobil tetap kering. Oleh karena itu karpet yang terus menerus menyerap air dari berbagai sumber ini dapat membuat kabin anda lembab serta membuat kaca mobil kusam berkabut. Maka dari itu penting sekali bagi Bro dan Sis untuk mengetahui tips dan cara membersihkan karpet mobil yang akan Mas Sena sampaikan disini.

Cara Membersihkan Karpet Mobil

Nah sekarang kita sudah memasuki segmen cara membersihkan karpet mobil yang merupakan segmen inti dari pembahasan Mas Sena kali ini. Karpet mobil yang tidak dijaga kebersihannya secara rutin dan teratur tentunya dapat menyebabkan kotoran yang menimpa menjadi keras sehingga kabin mobil menjadi tidak enak dilihat. Semakin lama Bro membiarkan noda pada karpet maka akan semakin sulit untuk membersihkannya. Karpetdunia akan membagikan kepada Bro dan Sis cara membersihkan karpet mobil secara mandiri. Ikuti ya tips yang karpetdunia sediakan dibawah ini:

  1. Cara membersihkan karpet mobil yang pertama adalah anda perlu untuk mengeluarkan karpet yang bercampur dengan noda dari mobil anda. Jangan pernah untuk mencoba membersihkan karpet sementara karpet tersebut masih didalam karena nodanya dapat menyebar ke tempat lain dan sulit dibersihkan. Jadi anda keluarkan semua baik karpet yang berada pada kabin bagian depan dan bagian belakang ke sebuah tempat terbuka yang lapang.
  2. Setelah itu anda dapat membasahi karpet mobil terlebih dahulu dengan air bersih secara merata dan usahakan agar anda mengguyur dengan air yang banyak sehingga noda-noda yang keras menjadi dapat dibersihkan.
  3. Kemudian anda dapat mengolesi karpet menggunakan sabun deterjen atau shampo mobil secukupnya pada bagian karpet yang terdapat noda. Semakin tebal noda pada karpet maka ratakan sabun lebih banyak pada tempat noda tersebut.
  4. Sikat karpet tersebut menggunakan sikat yang bentuk kuasnya lebar untuk bagian noda yang mudah dibersihkan serta gunakan sikat yang kuasnya tebal dan kuat untuk membersihkan noda yang membandel. Tekankan tenaga anda dalam menyikat supaya hasil yang didapat lebih maksimal.
  5. Lalu cara membersihkan karpet mobil berikutnya adaah apabila noda pada karpet sudah disikat maka siramkan air bersih secara merata pada seluruh bagian dan sisi atas ataupun bawah. Pastikan sabun deterjen dan noda-noda pada karpet ikut hilang bersama siraman air.

Baca juga : Tips Memilih Karpet Mesjid Berkualitas

  1. Setelah itu langsung jemur karpet dan usahakan agar karpet tidak terkena sinar matahari secara langsung agar warna dasar karpet tidak berubah. Untuk karpet yang berbahan karet dapat dijemur di tempat yang berangin agar cepat kering. Lalu karpet berbahan beludru bersihkan lagi dengan lap yang basah sebelum dijemur dengan lis pada bagian karpet harus benar-benar kering sebelum masuk ke kabin.
  2. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dasar kabin dengan vacum cleaner untuk menghilangkan noda pada tempat yang sulit dijangkau.
  3. Khusus untuk bagasi anda dapat melapisi bagian ini dengan karpet yang mudah untuk dilepas agar mudah ketika ingin mencuci dan membersihkannya.
  4. Cara membersihkan karpet mobil yang terakhir adalah dengan membersihkan karpet secara berkala paling tidak selama sebulan sekali agar kondisi karpet tetap terjaga.